'/> Cara Gampang Dan Klarifikasi Verval Pd Terbaru 2014 ( Match Dan Unmatch)

Info Populer 2022

Cara Gampang Dan Klarifikasi Verval Pd Terbaru 2014 ( Match Dan Unmatch)

Cara Gampang Dan Klarifikasi Verval Pd Terbaru 2014 ( Match Dan Unmatch)
Cara Gampang Dan Klarifikasi Verval Pd Terbaru 2014 ( Match Dan Unmatch)
Setelah dimulainya sinkron dapodik dari beberapa pekan ke belakang, ternyata siswa kelas 1 yang belum mempunyai NISN sudah masuk ke database verval pd, apakah semua rekan OPS sudah coba cek? atau masih belum dapat login? kalau belum dapat login silahkan baca artikel :
Cara Reset Password Login Akun Verval PD dan ketahuilah faktor-faktor penyebab tidak dapat login verval PD . Bagi rekan operator sekolah yang sudah dapat login dan masih belum mengerti ihwal cara verval PD secara detail, maka sempurna sekali kini saatnya membaca artikel ini.

Kita pribadi saja bahas mengenai istilah kata Macth dan Unmatch di verval PD, sebelum memahami betul saya pun merasa galau gotong royong apa itu unmacth dan match yang terang pada dikala kita melaksanakan verval PD niscaya ada tombol bertuliskan kedua kata tersebut (setelah melaksanakan pencarian) tepatnya di tabel residu.

Berikut ini klarifikasi singkatnya, ga perlu panjang-panjang yang penting kita paham :
Match : Digunakan bila nama siswa, tanggal-bulan-tahun lahir, nama ibu kandung cocok atau menyerupai antara data siswa yang berada di tabel residu dengan tabel pencarian (pencarian tingkat 5)

Unmatch : Dilakukan jika, ternyata data siswa (nama, tanggal-bulan-tahun lahir, nama ibu kandung) sama sekali tidak ada yang cocok ataupun mirip. Maka dilakukanlah Unmatch dengan tujuan generate NISN gres untuk siswa tersebut.
Contohnya pada gambar di bawah ini :

Penjelasan suplemen ihwal Residu dan Referensi.
Tabel/Menu Residu : Merupakan tabel yang mengatakan data siswa masih dipertanyakan kebenaran datanya hal tersebut dikarenakan ada banyaknya siswa dengan nama atau data yang hampir sama di seluruh Indonesia. Maka kiprah kita sebagai OPS harus memastikan data mana yang benar dan sesuai dengan data siswa di sekolah kita masing-masing.

Tabel/Menu Referensi : Tabel yang menujukkan data NISN siswa sudah benar, menurut data yang pernah kita kirim sebelumnya, tetapi bila ternyata salah maka kita harus mengembalikannya ke tabel residu dan edit datanya hingga benar.

Nah, kini kita akan coba melaksanakan Verval PD terhadap siswa yang masih ada di tabel residu. Ada bebeberapa hal yang harus diketahui oleh OPS untuk meyakinkan apakah data NISN siswa tersebut benar atau masih diragukan, ialah dengan cara melaksanakan search nama siswa hingga Level 5 dan silahkan pilih serta temukan Nama siswa yang mempunyai data sama persis / sangat mirip.

Contoh pencarian tahap 5 itu menyerupai ini :

Untuk tutorial / panduan cara verval PD versi operator sekolah dapat teman-teman OPS baca dan ikuti stepnya. Diharapkan dengan adanya tutorial yang saya susun khusus untuk teman-teman OPS, dapat lebih gampang dimengerti dibandingkan dengan manual book Verval PD.

  1. Login
  2. Klik Tabel/Menu Residu
  3. Klik salah satu nama siswa
  4. Kemudian klik search hingga level 5 (Seacrh Next hingga 5 kali)

  5. Cari dan temukan data siswa yang sama, cocok, sangat menyerupai antara nama siswa (beserta datanya) yang ada di tabel residu dengan yang berada di tabel pencarian, silahkan klik setiap tab pencarian 1,2,3,4,5 pilih mana data siswa yang benar (sesuaikan dengan data yang ada pada dapodik/data lain yang lebih akurat, menyerupai sertifikat kelahiran).


  6. Jika ternyata ditemukan maka klik nama siswa yang ada di kotak pencarian tersebut contohnya data yang cocok/sama ada di pencarian 1.
  7. Pada rujukan gambar Klik Match alasannya ada yang cocok (jika tidak ada sama sekali klik Unmatch).
  8. Maka siswa tersebut akan pindah ke Tabel/Menu Referensi
  9. Dilanjutkan dengan klik sajian Konfirmasi Data
  10. klik nama siswa yang telah dinyatakan kebenarannya.
  11. Klik OK.
  12. lakukan tahapan tersebut hingga semua siswa di tabel residu berpindah ke referensi.
  13. Selesai
Sebenarnya masih banyak yang harus dijelaskan mengenai Cara Praktis dan Penjelasan Verval PD Terbaru 2014 ( Match dan Unmatch) tapi ditakutkan terlalu kepanjangan, yang nantinya malah bikin pusing. Makara dicukupkan sekian dulu, bila ada pertanyaan silahkan tulis di kotak komentar, atau dapat menghubungi melalui facebook.com/operatorsekolahdotcom.

Advertisement

Iklan Sidebar