'/> Kumpulan Doa Sehari Hari Pilihan Yang Pendek + Terjemahannya Lengkap

Info Populer 2022

Kumpulan Doa Sehari Hari Pilihan Yang Pendek + Terjemahannya Lengkap

Kumpulan Doa Sehari Hari Pilihan Yang Pendek + Terjemahannya Lengkap
Kumpulan Doa Sehari Hari Pilihan Yang Pendek + Terjemahannya Lengkap

Doa Sehari hari Pilihan – Assalamualaikum sahabat sekalian, di kesempatan kali ini inspirilo akan sedikit mengembangkan perihal doa sehari hari. Sebagai hamba Allah yang beriman dan meyakini akan kebesaran-Nya tentu kita harus selalu menggantungkan pengharapan kita pada Allah SWT. Kita ialah makhluk yang lemah yang tentu tidak punya daya dan upaya serta kekuatan selain dari Allah SWT.


Dan sudah sewajibnya setiap kita akan melaksanakan sesuatu pekerjaan untuk tujuan tertentu dimulai dengan panjatkan doa pada-Nya. Minimal dengan mengucapkan kalimat bismillah. Agar apa-apa yang kita kerjakan senantiasa ada dalam keridhoan Allah SWT. Karena jikalau Allah sudah ridha, maka kebahagiaan di dunia dan darul abadi ialah sebuah keniscayaan. Aamiin.


Sebagai seorang muslim, kita tentu patut bersyukur atas nikmat paling besar yang telah Allah berikan. Tidak lain ialah nikmat keyakinan dan islam, nikmat yang tidak semua orang sanggup rasakan keindahannya.


Islam ialah agama penuh kemuliaan yang telah secara lengkap mengatur seluruh aspek kehidupan. Mulai yang terkecil hingga yang besar sekalipun. Tidak ada agama lain di dunia ini yang selengkap Islam dalam menerapkan hukum dan etika dalam berperilaku.


Salah satu pola penerapannya yaitu dalam setiap kegiatan sehari-hari itu pasti ada doanya. Dari mulai bangun tidur, wudhu, mandi, masuk WC, keluar WC, bercermin, pakai baju, dan banyak lagi yang lainnya.


Kita dituntut untuk selalu ingat Allah dalam segala acara yang dilakukan. Dengan tentunya berpedoman pada Al-Quran dan juga yang telah dicontohkan oleh baginda kita Rasulullah SAW.


 di kesempatan kali ini inspirilo akan sedikit mengembangkan perihal doa sehari hari Kumpulan Doa Sehari hari Pilihan yang Pendek + Terjemahannya Lengkap
rumaysho.com

Oleh karenanya, penting sekali bagi kita untuk mengamalkan dan merutinkan doa sehari hari. Agar setiap kegiatan kita senantiasa ada dalam lindungan-Nya. Mungkin sahabat juga  mempunyai niat mulia untuk turut merutinkan doa sehari hari sehingga hingga di artikel ini. Oleh karenanya, berikut kami sajikan kumpulan doa harian yang sanggup pribadi diterapkan.


Pun bagi orang bau tanah yang ingin mengajarkan anak-anaknya semoga terbiasa merutinkan doa sehari hari. Kumpulan doa-doa pilihan di bawah ini sanggup dijadikan aliran demi membentuk sosok anak sholeh idaman.


Kumpulan Doa Sehari hari Pendek Pilihan


 di kesempatan kali ini inspirilo akan sedikit mengembangkan perihal doa sehari hari Kumpulan Doa Sehari hari Pilihan yang Pendek + Terjemahannya LengkapDi bawah ini terdapat kumpulan bacaan doa sehari hari / doa harian islam pilihan untuk banyak sekali kegiatan harian. Dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi. Contoh sederhana lainnya, doa sehabis makan, sebelum makan, doa keselamatan, dan lain sebagainya. Jika diuraikan rinci pasti akan membentuk list kumpulan doa yang amat panjang.


Jadi di sini hanya merangkum kumpulan beberapa doa-doa keseharian yang telah dipilih dan dirasa paling banyak intensitas penggunaannya dalam sehari.


Saya asumsikan sahabat yang berkunjung ke sini sudah sanggup membaca goresan pena arab untuk doa-doa yang ada. Sehingga sengaja saya tidak cantumkan goresan pena latin dari bacaan doanya. Karena tentu lebih afdhal membaca doa dari goresan pena arabnya pribadi ketimbang goresan pena latinnya.


Berikut ialah kumpulan doa sehari hari untuk kegiatan yang secara rutin biasa kita lakukan setiap harinya.


1. Doa sehari hari – Doa mau tidur


Yang pertama ialah doa ketika mau tidur. Dalam suatu keterangan disebutkan bahwa tidur ialah keadaan di mana kita sedang setengah mati, alasannya kondisi tubuh yang sedang tidak sadar. Mengetahui hal tersebut, seyogyanya sebelum tidur kita panjatkan doa pada Allah semoga tetap diberi proteksi selama tidur dan dibangunkan kembali dalam keadaan yang sehat.

Berikut ialah doa ketika hendak tidur.


بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ


Artinya : “Dengan nama-Mu ya Allah saya hidup dan saya mati”


2. Doa bangun tidur


 di kesempatan kali ini inspirilo akan sedikit mengembangkan perihal doa sehari hari Kumpulan Doa Sehari hari Pilihan yang Pendek + Terjemahannya LengkapPun ketika kita bangun dari tidur, mendapati diri kita dalam keadaan segar dan sehat. Sudah sepantasnya kita syukuri kondisi tersebut. Panjatkanlah doa segera setelah kita bangun. Disunnahkan pula untuk mengucek mata atau bagian-bagian muka yang lecek sembari berdoa. Adapun doa bangun tidur ialah sebagai berikut.


الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَاناَ بَعْـدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ


Artinya : “Segala puji bagi Allah Yang membangunkan kami setelah ditidurkan-Nya dan kepada-Nya kami dibangkitkan”. (HR. Bukhari dan Muslim)”


3. Doa dikala sanggup mimpi baik


Ketika menerima mimpi baik terkait dengan hidup kita, mungkin kita berharap mimpi tersebut kemudian jadi nyata. Tentunya dengan izin Allah dan perjuangan yang kita lakukan untuk mencapainya. Makanya, dikala menerima mimpi baik, panjatkanlah doa berikut.


اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ قَطْلَ الْحَاجَتِ


Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi hajatku”


4. Doa ketika mendapati mimpi buruk


Pun ketika menerima mimpi buruk yang sama sekali tidak kita inginkan keberadaannya. Tidak ada yang pantas kita mintai pertolongan dan proteksi selain Allah SWT. Mintalah proteksi pada-Nya dari banyak sekali godaan dan gangguan yang sanggup melenakan. Dan dikala menerima mimpi buruk, berikut doa yang sanggup kita hafal dan panjatkan.


اَللّٰهُمَّ إِنّىِ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ


 Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya saya mohon proteksi kepada Engkau dari perbuatan setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk”.


5. Doa menjelang shubuh


Shubuh ialah waktu yang sangat agung dalam Islam. Hadist menyebutkan bahwa shalat dua rakaat sebelum shubuh itu lebih baik dan berharga daripada dunia dan segala isinya. Oleh karenanya beruntunglah kita yang masih diberikan kesadaran dan sanggup bangun dikala shubuh tiba. Inilah doa yang sanggup sahabat panjatkan dikala menjelang subuh.


اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنْ ضِيْقِ الدُّنْيَا وَضِيْقِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ

Artinya: “Ya Allah! Sesungguhnya saya berlindung kepada-Mu dari kesempitan dunia dan kesempitan hari kiamat. (HR. Abu Daud)”.


6. Doa ketika bersin dan Mendengar orang lain bersin


Bersin ialah sebuah nikmat yang berharga yang kadang dilupakan dan diabaikan oleh banyak orang. Dengan bersin maka kotoran-kotoran dalam hidung dans sistem respirasi sanggup hilang dan tubuh sanggup lebih sehat. Maka dari itu, penting bagi kita mensyukurinya dengan mengucap doa ketika bersin sebagai berikut.


اَلْحَمْدُ ِللهِ


Artinya: Segala Puji Bagi Allah


Doa Ketika Mendengar Orang lain Bersin


Ya doanya memang simpe, cukup ucapkan Alhamdulillah sebagai bentuk rasa syukur kita akan nikmat yang telah Allah berikan. Adapun jikalau kita berada di posisi orang yang mendengar orang lain bersin, maka doa yang diucapkan ialah sebagai berikut.



يَرْحَمُكَ اللهُ


Artinya: Semoga Allah memberi rahmat kepadamu.


Kemudian orang yang bersin juga mengucap doa lagi sebagai berikut.


يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيَصْلِحُ بَالَكُمً


Artinya: Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan membaguskan keadaanmu.


7. Doa dikala mau makan


Setiap hari kita pasti makan, dan atas apa yang telah kita sanggup makan tersebut sudah sewajarnya kita panjatkan doa sebelum makan. Agar apa yang kita makan sanggup bermanfaat dan menerima berkah dari Allah SWT.


الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ



Artinya : “Yaa Allah, berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka”.



8. Doa dikala lupa baca doa sebelum makan


Mungkin sering di antara kita lupa ketika hendak makan namun lupa berdoa menyerupai di atas. Untuk itu kita sanggup menggantinya dengan bacaan doa sebagai berikut.


بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya”.


9. Doa harian islam – Doa setelah makan


Tak lupa pula setelah beres makan, berikut ialah doa yang sanggup kita panjatkan sebagai bentuk rasa terima kasih dan syukur kita pada Allah SWT.


اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ



Artinya : “Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menimbulkan kami memeluk agama islam”.



10. Doa setelah minum


Pun selepas minum kita juga dianjurkan untuk mengucap doa yang juga sebagai bentuk syukur atas nikmat. Nikmat dalam bentuk minuman yang menyegarkan dan menyehatkan badan. Berikut ialah doanya.


اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menimbulkan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menimbulkan air ini (minuman) asin lagi pahit alasannya dosa-dosa kami”.


11. Doa sebelum belajar


 di kesempatan kali ini inspirilo akan sedikit mengembangkan perihal doa sehari hari Kumpulan Doa Sehari hari Pilihan yang Pendek + Terjemahannya LengkapAgar acara mencar ilmu kita senantiasa diberkahi dan dilancarkan, maka sudah sepatutnya sebelum mulai, kita dahului dengan doa. Doa untuk memohon semoga selalu ditambahkan ilmu dan menjadi paham akan banyak hal yang bermanfaat. Sehingga dengan ilmu yang didapat sanggup mengantarkan kita pada kecintaan dan keimanan lebih pada-Nya.


رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ



Artinya : “Ya Alloh Tambahkanlah saya ilmu, Dan berilah saya karunia untuk sanggup memahaminya, Dan jadikanlah saya termasuk golongannya orang-orang yang shoolih. Ya Alloh kabulkanlah do’aku ini”.



12. Doa setelah belajar


Setelah belajar, pastikan kita juga akhiri dengan bacaan doa yang berisi permohonan semoga ilmu yang didapat tidak menimbulkan kita menjadi berperangai buruk dan menjauhi-Nya. Berikut ialah doa harian ketiak selesai belajar.


اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَه وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ



Artinya : “Ya Alloh, tunjukkanlah kepada kami kebenaran sehinggga kami sanggup mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami sanggup menjauhinya”.



13. Doa Niat Wudhu


Wudhu ialah salah satu syarat sah nya sholat. Ketika hendak menunaikan ibadah sholat pastinya kita dahului dengan wudhu. Dan berikut ialah doa niat yang biasa dibacakan ketika hendak wudhu.


نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى


Artinya : “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu (wajib) alasannya Allah ta’ala”.


14. Doa setelah wudhu


Adapun untuk doa setelah wudhunya ialah sebagai berikut.


اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Artinya: “Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan saya mengaku bahwa Nabi Muhammad itu ialah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah saya dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah saya dari golongan orang-orang yang bersuci”.


15. Doa menyambut pagi hari


Waktu pagi selepas shubuh ialah waktu yang cukup penting dan terlalu berharga untuk dilewati hanya dengan tertidur. Seyogyanya kita jalani pagi dengan penuh rasa syukur dan sambut ia dengan doa harian ini.


اَللّٰهُمَّ بِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ اَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَاِلَيْكَ النُّشُوْرُ


Artinya : “Ya Allah, alasannya Engkau kami mengalami waktu pagi dan waktu petang, dan alasannya Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali.”


16. Doa menjelang dikala petang


Waktu petang juga tak kalah pentingnya. Merupakan waktu yang juga diyakini sebagai yang mustajab untuk kita panjatkan doa. Dan berikut ialah doa sehari-hari yang sanggup kita panjatkan dikala menyambut waktu sore / petang.


اَللّٰهُمَّ بِكَ اَمْسَيْنَا وَبِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

Artinya : “Ya Allah, alasannya Engkau kami mengalami waktu petang dan waktu pagi, alasannya Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali.”


17. Doa masuk kamar mandi / WC / Toilet


Sejelek-jeleknya daerah ialah kakus atau toilet. Dan sudah sewajarnya ketika kita memasukinya, selingi juga dengan doa semoga terhindar dari gangguan-gangguan syetan. Dianjurkan juga untuk memasukinya dengan melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu sembari berdoa.


اَللهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ


Artinya : “Ya Allah, saya berlindung dari godaan syetan pria dan syetan perempuan”.


18. Doa keluar kamar mandi


غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ



Artinya : “Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan”.



19. Doa menggunakan baju / berpakaian


اَللّهُمَّ اِنِّيْ أَسْـأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِمَاهُوَلَهُ,وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَاهُوَلَهُ.



Artinya : “Wahai Tuhanku,berilah saya kebaikan dengan pakaian ini, dan hindarkanlah saya dari kejahatan yang ditimbulkan”.



20. Doa ketika membuka/melepas pakaian


بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ أَذْهَبَ عَنِّى اْلأَذَاى وَعَافَانِيْ.



Artinya : “Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain Dia”.



21. Doa meemakai pakaian baru


اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang memberi saya pakaian ini dan memberi rizeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku”


22. Doa ketika bercermin


اَللَّهُـمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ



Artinya : “Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan saya dengan baik, maka perbaikilah akhlakku”



23. Doa dikala bersiwak


اَللَّهُمَّ بَيِّضْ بِهِ أَسْنَانِيْ وَشُدَّ بِهِ لِثَّتِيْ وَثَبِّتْ بِهِ لَهَاتِي وَأَفْصِحْ بِهِ لِسَانِيْ وَبَارِكْ لِيْ فِيْهِ وَأَثِبْنِيْ عَلَيْهِ يَآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ



Artinya : “Ya Allah putihkan gigiku dan kuatkan gusiku, serta kuatkan lahatku (daging yang tumbuh di atas langit-langit mulut) dan fasihkan lidahku dengan siwak itu serta berkatilah siwak tersebut dan berilah pahala saya karenanya wahai Dzat paling mengasihi diantara para pengasih.”



24. Doa setelah adzan


اَللهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ


Artinya :”Ya Allah Tuhan yang mempunyai permintaan yang tepat dan shalat yang tetap didirikan, kurniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkaujanjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang”.


25. Doa setelah iqamah


اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ



Artinya : “Semoga Allah menegakkan dan mengekalkan shalat selama masih ada langit dan bumi”.


26. Doa menuju masjid


اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ فِىْ قَلْبِى نُوْرًا وَفِى لِسَانِىْ نُوْرًا وَفِىْ بَصَرِىْ نُوْرًا وَفِىْ سَمْعِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَسَارِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَمِيْنِىْ نُوْرًا وَفَوْقِىْ نُوْرًا وَتَحْتِىْ نُوْرًا وَاَمَامِىْ نُوْرًا وَخَلْفِىْ نُوْرًا وَاجْعَلْ لِّىْ نُوْرًا

Artinya : “Ya Allah, jadikanlah dihatiku cahaya, pada lisanku cahaya dipandanganku cahaya, dalam pendengaranku cahaya, dari kananku cahaya, dari kiriku cahaya, dari atasku cahaya, dari bawahku cahaya, dari depanku cahaya, belakangku cahaya, dan jadikanlah untukku cahaya.” (H.R. Bukhari dan Muslim)


27. Doa masuk masjid


اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ.



Artinya : “Wahai Tuhanku, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”



28. Doa keluar masjid


اَللّهُمَّ اِنِّيْ أسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ.



Artinya : “Wahai Tuhanku, sesungguhnya saya memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu”.



29. Doa ketika hendak membaca alquran


اَللّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Artinya : “Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah saya terhadap apa yang saya lupa, wahai Dzat yang mempunyai keagungan dan kemuliaan.”


30. Doa setelah selesai membaca alquran


اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya : “Ya Allah, rahmatilah saya dengan Al-Quran yang agung, jadikanlah ia bagiku ikutan cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah saya lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak saya ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang berpengaruh bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam.”


31. Doa masuk rumah


اَللهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا



Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya saya mohon kepada-Mu baiknya daerah masuk dan baiknya daerah keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal”



32. Doa keluar rumah (hendak bepergian)


بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ



Artinya : “Dengan menyebut nama Allah saya bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah”



33. Doa naik kendaraan darat


Doa sehari hari berikutnya ialah doa naik kendaraan. Ya ini merupakan kegiatan yang barangkali sudah menjadi rutinitas bagi sebagain orang. Agar senantiasa dilingkupi oleh keselamatan, maka sebelum kendaraan berangkat, panjatkanlah doa berikut ini.


سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ



Artinya : “Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami”.



34. Doa naik kendaraan laut


Pun dikala naik kendaraan maritim atau air, yang mana keselematan kita juga tidak ada yang tahu menyerupai apa. Untuk itu selalu sertakan Allah dalam setiap langkah kita. Manakala sedang berada dalam sebuah kendaraan kapal maritim dan sejenisnya, ucapkanlah doa harian ini.


بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآ اِنَّ رَبّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ



Artinya : “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih”



35. Doa dikala hingga ditempat tujuan


Sebuah nikmat yang tak terhitung nilainya ketika kita diberikan keselamatan untuk hingga di daerah tujuan. Adapun doa sehari hari yang cocok dan sanggup sahabat panjatkan manakala hingga di daerah tujuan ialah sebagai berikut.


اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى سَلَمَنِى وَالَّذِى اَوَنِى وَالَّذِى جَمَعَ الشَّمْلَ بِ

Artinya:”Segala puji bagi Allah, yang telah menyelamatkan saya dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkanku dengan keluargaku.”


36. Doa semoga diberi rezeki yang berkah


Sebanyak apapun penghasilan yang kita sanggup tentu akan tidak berkhasiat bila tidak ada keberkahan di dalamnya. Untuk itu semoga rezeki yang kita peroleh itu berkah, maka teruslah panjatkan doa sehari hari untuk keberkahan rezeki yang kita dapat.


اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ رَزَقَنِىْ هذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَقُوَّةٍ، اَللهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ



Artinya : “Segala puji bagi Allah, yang telah memberi rizqi kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya Allah semoga Engkau berkahi pada rizkiku”



37. Doa semoga selamat dunia akhirat


Ini ialah doa sehari hari yang barangkali sudah banyak diketahui alasannya sering sekali dibaca dalam bermacam-macam kesempatan. Ya doa ini memang penting sebagai upaya kita memohon kebahagiaan bukan hanya di dunia, tapi juga di akhirat.


رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ



Artinya : “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka”.



38. Doa minta hujan turun


اَللَّهُمَّ أَسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا مَرِيْئًا مَرِيْعًا، نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍّ، عَاجِلاً غَيْرَ آجِلٍ


Artinya :“Ya Allah! Berilah kami hujan yang merata, menyegarkan tubuh dan menyuburkan tanaman, bermanfaat, tidak membahayakan. Kami mohon hujan secepatnya, tidak ditunda-tunda.” (HR. Abu Daud)


39. Bacaan doa untuk kedua orang tua


Sebagai insan sudah sepantasnya kita selalu berbakti pada kedua orang tua, khususnya ibu. Karena berkat jasa mereka, kita semua sanggup hidup dan tumbuh besar menyerupai sekarang. Ntuk itu, selalu doakanlah mereka semoga kehidupannya senantiasa disayang oleh Allah SWT.


اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah saya dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka menyerupai mereka menyayangiku diwaktu kecil”


40. Doa Mohon Ampunan Dosa Untuk Kedua Orang Tua


Sebagai anak yang sholeh juga kita jangan pernah lupa untuk selalu mendoakan semoga dosa-dosa orang bau tanah kita diampuni oleh Allah SWT. Doa anak yang sholeh itu akan terus mengalir sekalipun orang bau tanah sudah meninggal dan sanggup jadi sumber penolong bagi mereka  di darul abadi kelak.


 اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ




Artinya :

“Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana dia berdua merawatku ketika saya masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, pria maupun wanita yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan.


Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah alasannya Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”


41. Doa ketika hendak mandi biasa


Dan berikut ialah doa sehari hari yang sanggup kita panjatkan manakala akan melaksanakan mandi untuk membersihkan diri.


اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِى ذَنْبِى وَوَسِّعْ لِى فِىْ دَارِىْ وَبَارِكْ لِىْ فِىْ رِزْقِىْ


Artinya : “Ya Allah ampunilah dosa kesalahanku dan berilah keluasaan di rumahku serta berkahilah pada rezekiku”



Penutup – Doa Sehari hari


 di kesempatan kali ini inspirilo akan sedikit mengembangkan perihal doa sehari hari Kumpulan Doa Sehari hari Pilihan yang Pendek + Terjemahannya LengkapNah itulah tadi kumpulan doa sehari hari (doa harian) pilihan yang sanggup sahabat pelajari atau ajarkan pada anak kecil. Sekadar tahu saja tentu tidak cukup tentunya, kita perlu rutinkan dan istiqomahkan doa-doa tersebut. Karena Allah menyukai hamba-hambanya yang senantiasa berdoa pada-Nya.


Dalam kalamnya disebutkan bahwa “Berdoalah kalian kepada-Ku, pasti akan ku kabulkan”. Dengan menghafal dan merutinkan doa sehari hari, insyAllah doa-doa kita juga akan mustajab atau praktis terkabul.


Ada istilah, doa tanpa perjuangan itu omong kosong, namun perjuangan tanpa doa itu sombong. Nah jangan hingga kita malas berdoa hingga merasa sombong. Merasa apa yang telah dicapainya ialah hasil perjuangan dia sendiri. Padahal sebagai manusia, sejatinya kita tidak sanggup dan punya apa-apa selain alasannya atas derma Allah SWT.


Baik cukup sekian mungkin pembahasan kita mengenai doa sehari hari pilihan ini. Masih banyak sebetulnya doa-doa harian lainnya yang sanggup digunakan dalam banyak sekali situasi dan keadaan. InsyaAllah kedepannya halaman ini akan semakin diupdate sebanyak mungkin doa harian yang sanggup diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.


Semoga menjadi amalan yang berfaedah dan bermanfaat bagi sahabat semua.


Advertisement

Iklan Sidebar