'/> Ukuran Lapangan Sepak Bola Beserta Gambar Dan Keterangannya

Info Populer 2022

Ukuran Lapangan Sepak Bola Beserta Gambar Dan Keterangannya

Ukuran Lapangan Sepak Bola Beserta Gambar Dan Keterangannya
Ukuran Lapangan Sepak Bola Beserta Gambar Dan Keterangannya

Ukuran lapangan sepak bola – Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang banyak pengemarnya di dunia. Tidak heran jikalau terdapat pertandingan sepak bola niscaya stadion akan selalu penuh dengan pendukung tim yang bertanding. Hal ini terbukti dengan pertandingan Piala Dunia yang selalu dinantikan oleh para pecinta sepak bola. Bahkan tidak jarang pada ketika pertandingan para pendukung sanggup bertikai satu sama lain.


Hal ini merupakan bukti bahwa sepak bola merupakan permainan yang sangat terkenal dan diminati oleh masyarakat dunia. Ditambah lagi dengan banyaknya klub sepak bola yang terdapat di banyak sekali negara di dunia. Bahkan jikalau pada umumnya sepak bola dimainkan oleh kaum adam. Namun kini sepak bola juga telah dimainkan oleh para wanita. Sampai-sampai ada juga Piala Dunia Wanita.


Lapangan Sepak Bola


Membuat lapangan sepak bola untuk pertandingan resmi tentunya bukanlah hal yang mudah. Sebab terdapat patokan dalam menciptakan sebuah lapangan yang sesuai dengan standar. Oleh alasannya itu Anda tidak sanggup asal saja dalam menciptakan lapangannya. Hal ini sanggup memperlihatkan imbas pada ketika bermain sepak bola.


Di artikel kali ini akan disajikan secara lengkap isu wacana ukuran lapangan sepak bola beserta gambar dan keterangannya. Ukuran yang dimaksud yaitu versi resmi sesuai standar Internasional yang sudah ditetapkan Federasi Sepak Bola Dunia FIFA. Yang mana dengan standar tersebut, semua lapangan sepak bola akan mempunyai bentuk dan ukuran yang sama. Dimulai dari panjang, lebar, luas hingga tinggi gawang dan ukurannya. Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang banyak pengemarnya di dunia Ukuran Lapangan Sepak Bola Beserta Gambar dan Keterangannya


Bentuk lapangan sepak bola yang wajib diikuti


FIFA merupakan organisasi sepak bola di seluruh dunia. Organisasi ini menciptakan peraturan seputar dunia sepak bola yaitu salah satunya yaitu duduk perkara lapangan sepak bola. Di mana FIFA telah memutuskan beberapa kriteria  dalam menciptakan  lapangan sepak bola, termasuk dalam memutuskan luas lapangan sepak bola.


FIFA juga menciptakan peraturan bahwa lapangan sepak bola harus mempunyai bentuk persegi panjang, dimana ukuran panjang dan lebarnya yaitu 2:1. Karena itu apabila sebuah lapangan sepak bola tidak mempunyai bentuk persegi panjang maka akan kurang pas pada ketika bermain nanti. Hal ini tentunya memperlihatkan imbas terhadap performa para pemain.


Jadi secara tidak pribadi sanggup menciptakan sebuah tim kalah. Ditambah lagi FIFA juga memperlihatkan patokan untuk garis bundar tengah, kotak penalti, dan gawang. Ukuran detailnya akan dibahas di bawah. Yang mana apabila sebuah lapangan telah memenuhi kriteria ini maka sudah termasuk dalam standar. Sehingga di lapangan tersebut sanggup diadakan turnamen sepak bola skala resmi.


Ukuran Lapangan Sepak Bola Beserta Gambar dan Keterangannya


 Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang banyak pengemarnya di dunia Ukuran Lapangan Sepak Bola Beserta Gambar dan KeterangannyaBaik kini kita akan membahas wacana ukuran lapangan sepak bola. Yang namanya ukuran tentu bersahabat kaitannya dengan besaran dan satuan. Dalam hal ini berkaitan dengan luas lapangan yang terdiri dari besaran panjang dan lebar ukuran lapangan sepak bola yang telah distandarkan FIFA. Baik, mari pribadi saja kita bahas.


Ukuran panjang lapangan sepak bola


Panjang lebar lapangan sepak bola tentunya juga sudah ditentukan oleh FIFA. Di mana panjang lapangan maksimum harus 120 m sedangkan minumnya yaitu 90 m. Apabila lapangan terlalu besar tentunya akan menyusahkan pemain ketika bertanding, lantaran sanggup menguras tenaga akhir berlari di lapangan yang luas.


Namun apabila lapangan terlalu kecil maka telah masuk dalam katagori lapangan futsal. Yang mana permainan sepak bola dan futsal merupakan olahraga yang mirip. Tetapi futsal merupakan olahraga sepak bola yang pemainnya jauh lebih sedikit dan memakai lapangan yang kecil pula.


Lebar lapangan sepak bola


Sedangkan lebar lapangan sepak bola maksimum harus 90 m dan minimumnya harus 45 m. Apabila Anda tidak berpatok dengan ukuran ini maka lapangan yang dibentuk tidak layak dijadikan sebagai daerah pertandingan resmi.


Selain itu juga, FIFA menciptakan ukuran untuk lapangan yang dipakai dalam pertandingan tingkat internasional, Ukuran lapangan sedikit lebih luas.


Di mana panjang lapangan maksimum harus 110 m, sedangkan minimumnya 100 m.


Untuk lebar lapangan sepak bola maksimal harus 75 m sedangkan minimumnya 64 m.


Apabila tidak memenuhi kriteria ini maka lapangan tersebut tidak layak dijadikan daerah bermain skala internasional menyerupai Piala Dunia. Tidak heran jikalau para tuan rumah Piala Dunia akan merombak lapangannya semoga berstandar internasional.


Ukuran kotak pinalti yang ditetapkan oleh FIFA


Selain wajib mengetahui lapangan sepak bola beserta ukurannya, Anda juga harus tau berapa ukuran kotak pinalti. Kotak pinalti merupakan area penjaga gawang sanggup bebas memegang bola. Apabila pemain lawan melaksanakan pelanggaran dalam kotak pinalti sendiri maka tim lawan sanggup mendapat hadiah. Yakni berupa pinalti pada jarak 11 m dari gawang. Penendang hanya berhadapan dengan penjaga gawang tanpa harus berhadapan dengan pemain lainnya.


Ukuran kotak pinalti juga terbagi 2 macam yaitu ukuran besar dan ukuran kecil. Untuk ukuran yang besar maka panjangnya harus 40 m untuk minimumnya sedangkan maksimumnya yaitu 45 m.


Untuk lebarnya maka minimumnya  16 m sedangkan maksimumnya yaitu 19 m. Sedangkan untuk kotak pinalti yang kecil maka panjangnya 18 m dan lebarnya 5,5 m.


Ukuran gawang yang sesuai dengan standar FIFA


FIFA juga menciptakan peraturan untuk tinggi gawang sepak bola juga. Ukuran gawang harus mempunyai perbandingan 3:2 serta harus berbentuk persegi panjang. Karena itu tinggi gawang harus 2,4 m. Ukuran ini sanggup dihitung dari sisi dalam tiang gawang dan mistar yang terdapat di atasnya.


Jaring pada gawang juga harus mempunyai kerenggangan 10 cm, alasannya ukuran ini sudah sanggup menjaring bola. Sehingga tidak sanggup keluar dari lintasan. Untuk bentuk gawangnya juga harus diletakkan di tengah garis gawang. Terbentuk dari dua tiang bangun serta ditambah dengan mistar yang terpasang di atas.


Ukuran lebar gawang sepak bola juga harus berukuran 7,3 m. Agar gawang berpengaruh maka tiang dan mistar harus terbuat dari besi,  serta juga harus dipastikan bahwa gawang tidak bergeser.


Sebab jikalau bergeser sanggup membahayakan pemain, oleh alasannya itu ada baiknya tiang gawang ditanam. Jaring gawang juga harus menempel di tanah dan tiang sehingga tidak mengganggu kiper. Karena itu jikalau ingin melihat ukuran lapangan sepak bola yang sesuai, maka patokannya yaitu pada peraturan dari FIFA ini.


Under Constructions – Bersambung…


Advertisement

Iklan Sidebar